Selasa, 11 Oktober 2011

Ticino Trip part.1 (Bellinzona)

Orang-orang sering berkata bahwa untuk melihat keragaman di Swiss, belum lengkap jika belum ke bagian Swiss yang berbahasa Italia. Makanya, weekend kemarin (7-9 Oktober 2011) saya habiskan dengan sebuah trip ke kanton Ticino, satu-satunya kanton di Swiss yang berbahasa Italia. Oh ya, sedikit penjelasan bahwa kanton itu istilah pembagian wilayah, mungkin seperti 'provinsi' kalau di Indonesia.

3 hari memang bukan waktu yang panjang, jadi saat itu, tujuan saya dan teman-teman saya adalah tiga kota terbesar (dan terpenting) di Kanton Ticino, yaitu Bellinzona, Lugano dan Locarno. Dari namanya saja sudah tercium bau Italia-nya yaa?

Jadi, pada hari Jumat yang cerah, rombongan kami tiba di Bellinzona setelah menempuh perjalanan sekitar 2 setengah jam dari Bern. Kami dibuat terheran-heran dengan matahari Bellinzona yang bersinar terang, karena pada saat yang bersamaan, Bern dan kota-kota lain di seluruh belahan Swiss diguyur hujan. I think our trip was blessed, hehehe.

Salah satu tempat wisata menakjubkan yang ada di kota Bellinzona adalah tiga kastil besar yang menjadi ciri khas kota tersebut, sekaligus jadi warisan UNESCO. Tiga kastil ini sangat berpengaruh pada masa peperangan selama berabad-abad. Saat itu, kami berkunjung ke dua di antaranya, yaitu Castelgrando dan Castello di Sasso Sobaro.

Ada sejarahnya ternyata mengapa Bellinzona masuk wilayah Swiss, padahal kota tersebut awalnya dikuasai oleh keluarga bangsawan Milan di Italia. Pada awalnya, keluarga Visconti, yang menguasai Bellinzona, menjalin hubungan perdagangan baik dengan pihak Italia. Namun, setelah invasi Prancis di abad ke-16, Bellinzona dimasukkan ke wilayah Swiss bersama dengan dua tetangganya, Lugano dan Lucarno. Ini disebabkan karena pada saat itu Swiss dikuasai oleh pemimpin Prancis yang melegenda hingga kini, siapa lagi kalau bukan Napoleon Bonaparte.

So, here are some of the castle's photos:

mungkin ini lubang buat ngintip musuh udah sampai mana

bahkan rumput pun tumbuh di atap kastil dan membentuk jalan yang menuju ke tengah kota

view kota Bellinzona dari atas Castello di Sasso Sobaro

MP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar