Kamis, 21 Juni 2012

Euro 2012 Trip

Long time no post

Beberapa bulan terakhir saya disibukkan dengan beberapa project menulis lain, jadi rada jarang nge-update blog ini, hehehe. Makalah dan finishing novel baru saya yang alhamdulillah udah rampung menyita perhatian saya. Meski demikian, saya sempat traveling ke beberapa tempat di Eropa. Namun, berhubung ada event yang saat ini masih happening, saya skip beberapa perjalanan yang telah lampau dan langsung loncat ke Juni 2012 dulu ya.

Juni 2012 adalah perayaan sepak bola di Eropa. Bulan ini adalah penyelenggaraan Euro 2012 atau Piala Eropa 2012. Saya dan teman saya, Rusmin, (http://www.mrusmin.wordpress.com), sudah berencana dari jauh-jauh hari untuk mengunjungi Polandia atau Ukraina, dua negara tempat dilaksanakannya pesta bola tersebut.

Berhubung saya tinggal di Swiss dan Rusmin tinggal di Italia, kami berdua janjian untuk ketemu langsung di salah satu kota pelaksana. Rusmin dan saya sama-sama pecinta sepak bola kelas hardcore, yang menganggap football is something that is bigger than life. Oh ya, sebelumnya kami berdua sama-sama traveling keliling Spanyol juga untuk tujuan menikmati sepak bola. Namun, postingan itu nanti saja menyusul belakangan, ya.

Awalnya, kami berencana untuk menonton pertandingan antara Inggris melawan Prancis di kota Donetsk, Ukraina. Sayangnya, kami baru mengetahui bahwa untuk memasuki wilayah Ukraina, kami sebagai warga non-Uni Eropa harus apply visa lagi. Selain itu, lokasi kota Donetsk yang terletak jauh di timur Ukraina, dekat perbatasan Rusia, termasuk sangat sulit untuk dijangkau. 

Akhirnya kami pun mengatur ulang rencana. Salah satu pertandingan yang menjadi target kami adalah Italia melawan Kroasia yang diadakan di kota Poznan, Polandia. Untuk masuk Polandia, kami bebas dan tidak butuh visa karena Polandia termasuk wilayah Schengen, yaitu wilayah di Eropa yang bisa dijangkau tanpa visa khusus.

Jika ada yang bertanya, 'kenapa Poznan? Ada apa sih di kota itu?' Yah, saya akan bertanya balik, 'why not?' Toh, justru ketidakpastian tentang apa yang akan ditemui di jalan itulah yang menjadi daya tarik utama suatu perjalanan, bukan?

(bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar