Kamis, 21 Juni 2012

Euro 2012 Trip: Berlin (1)

Pada 13 Juni 2012, pesawat Easyjet membawa saya dari Jenewa ke Berlin. Ini adalah kali kedua say menginjakkan kaki di Berlin. Saya menghabiskan satu hari di sana, hanya untuk transit sebelum menumpang kereta ke Poznan keesokan harinya. Sekalian, saya ingin merasakan suasana menonton sepak bola di pusat keramaian kota Berlin, yaitu Brandenburger Tor.

Brandenburger Tor adalah memorial berbentuk gerbang yang menjadi ikon kota Berlin. Lokasi yang berseberangan dengan gedung parlemen Jerman itu disulap menjadi fan zone Euro 2012, yaitu pusat keramaian masyarakat untuk menonton pertandingan sepak bola antara Jerman melawan Belanda yang diadakan pada 13 Juni malam tersebut.


Begitu tiba di lokasi, saya terkejut dan takjub. Mungkin ada lebih dari dua ratus ribu orang yang memadati jalan-jalan Berlin untuk berkumpul di lokasi fan zone Berlin. Panitia fan zone sendiri menyediakan beberapa layar raksasa di jalan-jalan utama sepanjang lokasi tersebut. Petugas polisi berjaga di mana-mana, dan pemeriksaan harus dilakukan sebelum memasuki wilayah fan zone

Selama pertandingan berlangsung, suasana benar-benar hidup, serasa Berlin sedang mengadakan karnaval dengan tema sepak bola. Keramaian massa tersebut tidak lupa menyanyikan chant atau lagu perjuangan tim sepak bola Jerman. Sorak-sorai 'auf geht's, schiess ein tor' atau yang artinya 'maju terus, cetak gol!' bergema di mana-mana. Pria-wanita, tua-muda, semuanya berkumpul untuk mendukung para pahlawan sepak bola mereka menghadai Belanda. Satu demi satu nama pemain Jerman diteriakkan oleh para suporter yang terbawa situasi sepanjang pertandingan berlangsung.


Pertandingan petang hari itu akhirnya dimenangkan oleh Jerman dengan skor 2-1. Suasana pun menjadi meriah. Sekitar wilayah fan zone berubah menjadi parade kemenangan warga Jerman di Berlin. Ratusan ribu orang menari-nari gembira di jalanan, sambil terus-terusan meneriakkan yel-yel dan nama-nama para pahlawan sepak bola mereka. Mobil-mobil yang lalu lalang membunyikan klakson seraya mengibar-ngibarkan bendera Jerman. Atmosfer yang luar biasa!

Saya pun jadi berpikir, jika kemeriahan seperti ini sudah terasa di Berlin, yang jaraknya masih kurang lebih 200 kilometer dari Polandia, maka bagaimana dengan suasan di Polandia sendiri, ya?

(bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar